IESPA Buka Suara soal Isu Mangkirnya Kimi Hime dari Kominfo

Rabu, 31 Juli 2019 15:04 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Kimi Hime
Kimi Hime, caster sekaligus YouTuber game eSports. Copyright: © Kimi Hime
Kimi Hime, caster sekaligus YouTuber game eSports.

INDOSPORT.COM – IESPA (Indonesia Esports Association) buka suara soal isu mangkirnya Kimi Hime dari panggilan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

YouTubers sekaligus player game eSports yang memiliki nama asli Kimberly Khoe sempat dikabarkan mangkir dari panggilan Kominfo dan memilih streaming dan bermain PUBG Mobile.

INDOSPORT pun mencoba menghubungi Erlangga Putra, selaku ketua Pengda IESPA DKI Jakarta mengenai info tersebut.

Awalnya, Erlangga mengatakan bahwa IESPA tidak memiliki hubungan dengan kasus yang menimpa Kimi Hime, tetapi Erlangga meluruskan bahwa Kimi Hime tidak mangkir dari panggilan Kominfo, melainkan melakukan arrangement atau perjanjian dengan Kominfo.

“Dari pihak Kimi sudah ada arrangement dengan Kominfo terkait pertemuan, bukan mangkir sebenarnya,” kata Erlangga ketika dihubungi oleh INDOSPORT.

Meski demikian, Kimi telah mengutus tim kuasa hukumnya yang diketuai oleh Irfan Akhyari untuk mendatangi Kominfo terkait pemanggilan tersebut.

Sementara itu, Kominfo juga telah menangguhkan beberapa video Kimi Hime yang awalnya hanya tiga video yang diblokir, kemudian diajukan lagi menjadi enam video lain untuk diblokir YouTube.

Kimi Hime dikabarkan telah melanggar Pasal 27 ayat 1 UU ITE tentang penyebaran muatan yang melanggar kesusilaan dan Pasal 45 ayat 1 UU Nomor 19 tahun 2016 tentang pornografi atas konten yang dinilai vulgar.