4 Tips Mengurangi Rasa Cemas dan Grogi saat Bertanding eSports

Kamis, 1 Agustus 2019 17:34 WIB
Penulis: Prasetio Abdul Jabbar | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Eric Ananmalay/ESPAT Media/Getty Images
Kyle 'Bugha' Giersdorf, bocah 16 tahun yang menjuarai game eSports Fortnite Copyright: © Eric Ananmalay/ESPAT Media/Getty Images
Kyle 'Bugha' Giersdorf, bocah 16 tahun yang menjuarai game eSports Fortnite

INDOSPORT.COM - Bermain di turnamen besar sebuah game eSports terkadang memberikan sebuah tekanan tambahan. Belum lagi ditambah dengan riuhnya suara penonton, lalu gemerlapnya lampu panggung, yang tentu membuat atlet besar pun dapat grogi dan cemas saat bermain.

Terkadang rasa cemas dan grogi yang berlebihan dapat membuat seorang atlet tidak fokus dalam bertanding. Oleh karena itu sebagai seorang atlet eSports yang akan bertanding di sebuah kejuaraan, kita harus tau cara mengatasi rasa cemas dan grogi tersebut.

Setelah kita mengatasi rasa cemas dan grogi kita tersebut, kita akan dapat bermain dengan lebih baik dan fokus. Dengan begitu kita bisa melangkah ke depan dan juga berprestasi di ajang besar seperti The International milik game Dota 2, lalu PMCO milik PUBG Mobile, dan juga World Cup Fortnite, dan lain-lain.

Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT telah merangkum 4 tips mengurangi rasa cemas dan grogi saat bertanding di sebuah turnamen game eSports.

Pertama tidur dan makan yang cukup. Dengan beristirahat yang cukup, otak kita lebih mudah mendapatkan fokus. Lalu makanlah makanan yang bergizi, agar tubuh kita mendapatkan asupan nutrisi yang maksimal.

Kedua lakukan persiapan yang maksimal. Sebelum memulai sebuah turnamen tentunya kita harus melakukan persiapan yang maksimal agar kita tidak merasa cemas dan grogi saat pertandingan dimulai.

Ketiga tingkatkan pengalaman. Sering-seringlah berpartisipasi dalam sebuah turnamen agar menambah pengalaman bertanding. Dengan lebih sering berkompetisi kita akan menambah pengalaman kita bermain di sebuah turnamen, dengan begitu rasa cemas dan grogi kita akan bisa sedikit berkurang karena sudah berpengalaman ikut turnamen.

Keempat doronglah motivasi positif diri. Sebelum memulai sebuah turnamen pastikan diri kalian mendapatkan motivasi yang positif. Hal tersebut akan membuat kalian tidak akan cemas dan grogi saat bertanding.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%