Sandang Nama Simatupang, Pemain Muda Liga Inggris ini Hafal Lagu Bahasa Batak

Kamis, 12 September 2019 17:37 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© https://www.instagram.com/josephferguson1_/
Joseph Simatupang Ferguson, pemaim keturunan Indonesia saat menandatangani kontrak baru bersama Blackburn Rovers. Copyright: © https://www.instagram.com/josephferguson1_/
Joseph Simatupang Ferguson, pemaim keturunan Indonesia saat menandatangani kontrak baru bersama Blackburn Rovers.

INDOSPORT.COM - Menyandang nama Simatupang, ternyata salah satu pemain muda di Liga Inggris ini tahu bahkan hafal lagu berbahasa Batak.

Adalah Joseph Simatupang Ferguson, pemain keturunan Indonesia yang kini sedang merintis karier di Liga Inggris bersama tim muda Blackburn Rovers.

Pemain berusia 16 tahun tersebut bahkan turut ambil bagian saat Blackburn Rovers U-18 melakukan uji coba bersama Garuda Select pada Selasa (12/3/19) lalu.

Sayangnya dalam pertandingan tersebut Joseph Simatupang Ferguson dan kolega takluk dari skuad Garuda Select dengan skor cukup telak 0-4.

Kembali ke sosok Joseph Simatupang Ferguson, meski telah lama tinggal di Inggris namun pemain berposisi sebagai bek kanan ini masih hafal dengan bahasa Batak, atau bahasa di mana sang ibu berasal.

Kepada redaksi INDOSPORT, Joseph Simatupang Ferguson mengaku tahu beberapa suku kata dalam bahasa Batak bahkan ia sempat menyanyikan lagu khas daerah Sumatera Utara tersebut.

"Hanya sedikit kata, seperti Horas dan mauliatee, juga menyanyikan lagu Balga Tutu," ucap Joseph kepada INDOSPORT.com sembari tertawa.

"Meskipun ibu saya bisa berbicara bahasa Batak dengan sangat baik, tetapi dia hanya berbicara bahasa Indonesia dengan kami," tambah Joseph.

Sebagai pemain keturunan Indonesia, Joseph juga memiliki ketertarikan untuk membela Timnas Indonesia. Kedatangan Garuda Select di Inggris bersama sejumlah pelatih Tanah Air juga menguatkan mimpi Joseph untuk berseragam Merah Putih.

“Suatu kebanggaan bermain untuk Tim Nasional Indonesia, sebagaimana saya juga sudah memiliki koneksi, tentu itu (bermain di Timnas) akan menjadi luar biasa untuk saya dan keluarga,” ucap Joseph antusias.

Andai cita-citanya untuk membela Timnas Indonesia bisa terwujud, tentu menjadi hal positif bagi skuat Garuda. Apalagi Joseph Simatupang Ferguson merupakan andalan Blackburn Rovers di ajang Liga Inggris U-18, sehingga kemampuannya dapat berguna bagi lini pertahanan timnas.

IDS Emoticon Suka
Suka
20%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
40%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
20%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%