Ada Wishnutama, 5 Menteri Jokowi Penggemar Berat Klub Sepak Bola

Kamis, 24 Oktober 2019 07:41 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© Antara News
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama adalah penggemar Persipura Jayapura. Copyright: © Antara News
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama adalah penggemar Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 5 Menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi penggemar berat klub sepak bola, termasuk di dalamnya ada Wishnutama.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah resmi menjadi pemimpin Indonesia untuk periode 2019-2024 (lima tahun). Keduanya dilantik pada Minggu (20/10/19).

Pada Rabu (23/10/19) pagi, Jokowi-Ma'ruf Amin secara resmi mengumumkan 38 menteri kabinet kerja Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta.

Mulai dari Wakil Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Erick Thohir yang menjadi Menteri BUMN. Lalu Ketua Anggar Indonesia Agus Suparmanto didaulat jadi Menteri Perdagangan.

Kemudian ada Ketua Dayung dan Getball Indonesia Basuki Hadimuljono lanjut sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

© Twitter/@jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin memperkenalkan 38 Menteri Kabinet Kerja Indonesia Maju 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/19). Copyright: Twitter/@jokowiPresiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memperkenalkan 38 Menteri Kabinet Kerja Indonesia Maju 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/19).

Hingga ada tokoh profesional Wishnutama yang dipercaya menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tokoh-tokoh tadi akan mengemban tugas berat demi memajukan Indonesia.

Kendati demikian ternyata dari 38 menteri kabinet kerja Indonesia Maju ini ada sisi lain yang bisa diungkap dan diketahui oleh publik.

Sejauh ini ada lima Menteri Presiden Jokowi yang merupakan penggemar klub sepak bola, baik itu nasional maupun mancanegara. Siapa saja kira-kira?

1. Mohammad Mahfud MD

© Twitter/@mohmahfudmd
Menkopolhukam Mahfud MD yang merupakan penggemar Manchester United dan Madura United. Copyright: Twitter/@mohmahfudmdMenkopolhukam Mahfud MD yang merupakan penggemar Manchester United dan Madura United.

Mohammad Mahfud MD baru saja ditetapkan sebagai Menteri Koordinator Hukum, Politik, dan Keamanan (Menkopolhukam) oleh Presiden Jokowi.

Namun siapa yang menyangka kalau pria yang dikenal dengan nama Mafhud MD ini penggemar dua klub sepak bola, yakni Manchester United dan Madura United.

Hal itu terlihat jelas dalam jejak digital, dimana Mahfud MD pernah berkicau lewat akun media sosial Twitter pribadinya. Mahfud MD menjawab pertanyaan netizen kala itu.

"Dua MU: Manchester United dan Madura United. Hehe. Mouly suka club apa?," kicau akun @mohmahfudmd, 18 November 2014 silam.

2. Agus Gumiwang Kartasasmita

© Desca Lidya Natalia/Antara Foto
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita adalah seorang penggemar Arsenal. Copyright: Desca Lidya Natalia/Antara FotoMenteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita adalah seorang penggemar Arsenal.

Kemudian ada Agus Gumiwang Kartasasmita yang baru saja diumumkan menjadi Menteri Perindustrian oleh Presiden Jokowi di Istana Negara.

Agus juga diketahui merupakan penggemar klub sepak bola, yaitu Arsenal. Hal tersebut terungkap kala membentuk Sekolah Sepak Bola (SSB) bernama Asiana Soccer School, 2018 lalu.

Agus tak menampik kalau performa Arsenal pada musim 2018-2019 tak terlalu bagus. Dirinya berharap Arsenal segera membaik dari masa transisi (pergantian pelatih).

3. Wishnutama

© Ajeng Dinar Ulfiana/Kata Data
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama adalah penggemar Persipura. Copyright: Ajeng Dinar Ulfiana/Kata DataMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama adalah penggemar Persipura.

Lalu ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama yang juga diketahui memiliki klub sepak bola favorit sepanjang hidupnya.

Hal tersebut terungkap kala Wishnutama menjawab pertanyaan netizen tentang klub sepak bola andalan di akun media sosial Twitter.

"Persipura," jawab akun @wishnutama, 15 Januari 2012 silam dan pernah ditegaskan kembali pada 15 April tujuh tahun lalu.

4. Erick Thohir

© ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Erick Thohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara) Copyright: ANTARA FOTO/Wahyu Putro AErick Thohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara).

Ada juga pria yang sudah akrab sekali dengan industri sepak bola, yakni Erick Thohir. Dirinya didapuk menjadi Menteri BUMN untuk lima tahun ke depan.

Siapa yang menyangka kalau Erick Thohir merupakan pengemar Inter Milan sejati. Hal itu terungkap pada 25 Agutus 2017 silam kala mempersiapkan Asian Games 2018.

Erick Thohir mengaku terpesona dengan Inter Milan kala dihuni oleh trio Jerman, yakni Andreas Brehme, Lotthar Matthaus, dan Juergen Klinsmann. Bahkan dirinya pernah menjadi Presiden Inter Milan.

5. Fadjroel Rachman

© Wahyu Putro/Antara Foto
Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman merupakan penggemar Manchester United. Copyright: Wahyu Putro/Antara FotoJuru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman merupakan penggemar Manchester United.

Terakhir ada Fadjroel Rachman yang menjadi Juru Bicara Presiden. Dirinya menggantikan Johan Budi yang kini menjadi anggota DPR RI 2019-2024.

Meski bukan menjadi Menteri, tetapi peran Fadjroel Rachman sebagai Juru Bicara Presiden tetap vital. Namun siapa yang menyangka kalau dirinya adalah penggemar berat Manchester United.

Hal itu terlihat dari berbagai unggahan di akun media sosial Instagram dan Twitter pribadi Fadjroel Rachman. Tak jarang dirinya senang ataupun sedih atas performa Manchester United.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
33%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%