Tempat Wisata Menarik yang Ada di Sekitar Venue Piala Dunia U-20 2021, Stadion Wibawa Mukti

Jumat, 29 November 2019 16:57 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Stadion Wibawa Mukti diproyeksikan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Stadion Wibawa Mukti diproyeksikan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021.

INDOSPORT.COM - Stadion Wibawa Mukti diproyeksikan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021. Berikut tempat wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Stadion Wibawa Mukti. 

Indonesia, resmi diumumkan oleh FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 pada Kongres FIFA, 24 Oktober 2019 lalu di Shanghai, China. 

Indonesia berhasil mengalahkan Peru yang menjadi saingan utama dalam pencalonan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. 

Ini adalah kesempatan pertama bagi Indonesia menjadi tuan rumah dari turnamen resmi FIFA. Sedangkan bagi Timnas Indonesia U-20, ini adalah keikutsertaan yang kedua, setelah Piala Dunia U-20 1979. 

Sejak awal pencalonan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, PSSI mengusulkan 10 stadion sebagai calon venue. Salah satu stadion yang diusulkan adalah Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. 

Berkaca dari event sepak bola internasional yang digelar di berbagai negara, tempat wisata di sekitar venue atau stadion menjadi salah satu primadona yang dikunjungi banyak orang. 

Contohnya saat Asian Games 2018 lalu, kawasan di sekitar venue setiap harinya dikunjungi ratusan hingga ribuan orang. Hal ini lumrah terjadi, apalagi untuk event sekelas Piala Dunia atau Piala Dunia U-20. 

Tempat-tempat wisata di sekitar stadion bisa menambah pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung, sebelum atau sesudah menyaksikan pertandingan sepak bola. 

Untuk itu INDOSPORT menyajikan beberapa tempat wisata di dekat venue Piala Dunia U-20 2021 yang bisa dikunjungi. Berikut tempat wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Stadion Wibawa Mukti

Sekilas Tentang Stadion Wibawa Mukti

Stadion Wibawa Mukti pertama kali dibuka pada tahun 2014 untuk menggelar Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat. Selanjutnya, Stadion Wibawa Mukti digunakan untuk venue PON XIX Jabar 2016.

Stadion berkapasitas 30.000 penonton dan menggunakan rumput Zoysia Matrella ini juga menjadi salah satu venue cabor sepak bola Asian Games 2018 lalu. 

Stadion Wibawa Mukti juga digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Asia U-19 2018 lalu. Stadion yang dekat dengan kawasan industri ini juga sering jadi alternatif kandang Persija Jakarta. 

Water Boom Lippo Cikarang 

© http://jasminehanidasajida.blogspot.com
WaterBoom Lippo Cikarang Copyright: http://jasminehanidasajida.blogspot.comWater Boom Lippo Cikarang.

Water Boom Lippo Cikarang sudah terkenal sejak lama dan menjadi pilihan destinasi wisata, baik yang berasal dari Cikarang maupun dari luar Cikarang. 

Water Boom Lippo Cikarang sendiri memiliki kolam renang yang luas dan mampu menampung pengunjung hingga 7.000 orang. 

Kampung Djamoe Organik 

© ensa.id
Kampoeng Djamoe Organik Copyright: ensa.idKampoeng Djamoe Organik.

Kampung Djamoe menjadi salah satu wisata edukasi di Cikarang. Di taman ini terdapat banyak tumbuhan dan tanaman herbal. 

Tempat yang dimiliki oleh perusahaan kosmetik Martha Tilaar ini memiliki suasana yang asri dan nyaman untuk dikunjungi. 

Saung Ranggon 

© jejakpiknik
Saung Ranggon Bekasi Cikarang Copyright: jejakpiknikSaung Ranggon, Cikarang.

Situs Saung Ranggon yang di dalamnya berdiri sebuah rumah yang dibangun dengan kayu besi ini diperkirakan sudah aja sejak 400 tahun lalu. 

Tempat bersejarah ini ditemukan oleh Raden Abbas pada tahun 1821. Situs ini dikenal sebagai rumah pelarian bagi Pangeran Rangga, putra Pangeran Jayakarta usai dikalahkan VOC pada tahun 1619. 

Taman Buaya 

© jejakpiknik.com
Taman Buaya Cikarang Copyright: jejakpiknik.comTaman Buaya Cikarang.

Tempat penangkaran buaya ini menyuguhkan berbagai hiburan seperti atraksi buaya. Selain hiburan, tempat ini juga dapat menambah pengetahuan tentang hewan buaya. 

Taman Sehati 

© datawisata.com
Taman Sehati Cikarang Copyright: datawisata.comTaman Sehati, Cikarang.

Taman Sehati lokasinya berada tepat di depan Stadion Wibawa Mukti. Taman Sehati sering menjadi pilihan bagi warga sekita stadion untuk menghabiskan waktu di sore hari. 

Selain memiliki fasilitas olahraga, Taman Sehati juga memiliki taman bunga dan berbagai spot instagramable. 

Kue Duit 

Berbahan dasar tepung, gula, dan telur, kue ini memiliki bentuk kepingan seperti uang logam, sehingga disebut kue duit dan menjadi salah satu makanan khas Cikarang. 

Bandeng Rorod 

Makanan lain yang cukup terkenal di Cikarang adalah Bandeng Rorod. Makanan modifikasi dari bandeng presto ini menjadi buruan wisatawan yang berkunjung ke Cikarang. 

Itulah beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di sekitar Stadion Wibawa Mukti yang merupakan salah satu calon venue Piala Dunia U-20 2021. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%