Tempat Wisata Menarik yang Ada di Sekitar Venue Piala Dunia U-20 2021, Stadion Gelora Sriwijaya

Kamis, 5 Desember 2019 07:52 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Penampilan depan Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, kandidat Stadion Piala Dunia U-20 2021. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Penampilan depan Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, kandidat Stadion Piala Dunia U-20 2021.

INDOSPORT.COM - Stadion Gelora Sriwijaya diproyeksikan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021. Berikut tempat wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Stadion Gelora Sriwijaya. 

Indonesia, resmi diumumkan oleh FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 pada Kongres FIFA, 24 Oktober 2019 lalu di Shanghai, China. 

Indonesia berhasil mengalahkan Peru yang menjadi saingan utama dalam pencalonan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. 

Ini adalah kesempatan pertama bagi Indonesia menjadi tuan rumah dari turnamen resmi FIFA. Sedangkan bagi Timnas Indonesia U-20, ini adalah keikutsertaan yang kedua, setelah Piala Dunia U-20 1979. 

Sejak awal pencalonan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, PSSI mengusulkan 10 stadion sebagai calon venue. Salah satu stadion yang diusulkan adalah Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang. 

Berkaca dari event sepak bola internasional yang digelar di berbagai negara, tempat wisata di sekitar venue atau stadion menjadi salah satu primadona yang dikunjungi banyak orang. 

Contohnya saat Asian Games 2018 lalu, kawasan di sekitar venue setiap harinya dikunjungi ratusan hingga ribuan orang. Hal ini lumrah terjadi, apalagi untuk event sekelas Piala Dunia atau Piala Dunia U-20. 

Tempat-tempat wisata di sekitar stadion bisa menambah pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung, sebelum atau sesudah menyaksikan pertandingan sepak bola. 

Untuk itu INDOSPORT menyajikan beberapa tempat wisata di dekat venue Piala Dunia U-20 2021 yang bisa dikunjungi. Berikut tempat wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Stadion Gelora Sriwijaya. 

Sekilas Tentang Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya mulai dibangun pada tahun 2001 dan dibuka pada tahun 2004 untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI di Palembang. 

Setelah menggelar PON XVI, Stadion Gelora Sriwijaya dipercaya untuk menggelar banyak event sepak bola internasional. 

Mulai dari perebutan tempat ketiga Piala Asia 2007, SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013, AFF Women Championship 2018, dan sepak bola wanita Asian Games 2018. 

Stadion Gelora Sriwijaya yang menjadi markas Sriwijaya FC mengalami renovasi cukup besar jelang Asian Games 2018 lalu. Renovasi tersebut membuat kapasitas stadion berkurang menjadi 23.000 penonton saja. 

Jembatan Ampera

© ksmtour.com
Jembatan Ampera kemegahan simbol di Kota Palembang. Copyright: ksmtour.comJembatan Ampera kemegahan simbol di Kota Palembang.

Jembatan yang memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter ini menjadi ikon dari Kota Palembang. Jembatan Ampera berdiri megah melintasi Sungai Musi, sungai terpanjang di Sumatera. 

Saat malam hari, tersaji pemandangan indah dari lampu yang ada di sepanjang jembatan. Selain itu ada pemandangan sungai lengkap dengan perahu yang hilir mudik. 

Benteng Kuto Besak

© pesona.travel
Benteng Kuto Besak, menyusuri jejak sejarah Kesultanan di Kota Palembang Copyright: pesona.travelBenteng Kuto Besak, menyusuri jejak sejarah Kesultanan di Kota Palembang

Benteng Kuto Besak berlokasi persis di tepi Sungai Musi dan sudah berusia ratusan tahun. Saat malam hari banyak pedagang yang menyajikan banyak kuliner. 

Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2 

© sg.news.yahoo.com
Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2 di Kota Palembang. Copyright: sg.news.yahoo.comMuseum Sultan Mahmud Badaruddin 2 di Kota Palembang.

Setelah Benteng Kuto Besak, Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2 letaknya juga tak jauh dari Sungai Musi. Museum ini menyimpan sekitar 669 benda bersejarah. 

Museum Alquran

© republika.co.id
Alquran raksasa Al Akbar Gandus di Kota Palembang. Copyright: republika.co.idAlquran raksasa Al Akbar Gandus di Kota Palembang.

Museum Alquran memiliki koleksi yang menakjubkan yaitu Alquran raksasa. Alquran tersebut ditulis di permukaan kayu yang ukuran panjangnya 177cm dan lebar 140cm serta ketebalannya 2,3 cm. 

Hutan Punti Kayu

Wisata Hutan Punti Kayu di Kota Palembang. Copyright: Instagram@ayusewwe1storeWisata Hutan Punti Kayu di Kota Palembang.

Hutan Punti Kayu letaknya berada tak jauh dari jantung Kota Palembang. Berjarak sekitar 7km dari pusat kota dengan luas 50 hektar. 

Banyak spot instagramable yang bisa dijelajahi di tempat ini. 

Pempek 

© palembang.tribunnews.com
Pempek atau empek-empek adalah makanan khas dari Kota Palembang. Copyright: palembang.tribunnews.comPempek atau empek-empek adalah makanan khas dari Kota Palembang.

Salah satu kuliner khas Palembang yang sudah terkenal ke seluruh Indonesia ini tentu tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Palembang. 

Berbagai jenis pempek dapat dinikmati dan sangat mudah ditemui. 

Tekwan 

© resepabens.com
Tekwan merupakan salah satu masakan yang berasal dari Kota Palembang. Copyright: resepabens.comTekwan merupakan salah satu masakan yang berasal dari Kota Palembang.

Tekwan merupakan makanan khas Palembang yang mirip dengan bakso, bedanya tekwan memakai bakso ikan dan bentuk baksonya tidak bulat. 

Burgo

© ksmtour.com
Burgo kuliner khas Palembang untuk sarapan pagi. Copyright: ksmtour.comBurgo kuliner khas Palembang untuk sarapan pagi.

Terbuat dari tepung beras dan tepung sagu dan dimasak seperti dadar, kemudian digulung dan dipotong-potong. Lalu disajikan dengan kuah santan yang gurih. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%