Mike Tyson dan Muhammad Ali, dari Baca Alquran Hingga Angkat Peti Jenazah

Minggu, 3 Mei 2020 22:26 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Dua petinju legendaris, Mike Tyson dan mendiang Muhammad Ali, rupanya memiliki kedekatan khusus dan beberapa kali kedapatan berkegiatan bersama. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Dua petinju legendaris, Mike Tyson dan mendiang Muhammad Ali, rupanya memiliki kedekatan khusus dan beberapa kali kedapatan berkegiatan bersama.

INDOSPORT.COM – Dua petinju legendaris, Mike Tyson dan mendiang Muhammad Ali, rupanya memiliki kedekatan khusus dan beberapa kali kedapatan berkegiatan bersama.

Baik Mike Tyson maupun Muhammad Ali sama-sama merupakan sosok petinju legendaris, khususnya di kelas berat. Meski tidak aktif bertinju dalam periode yang sama, keduanya memiliki kedekatan khusus secara pribadi.

Tyson diketahui menjadikan Muhammad Ali sebagai idolanya sejak muda. Ia bahkan diketahui sempat terluka ketika menyaksikan Ali dipermalukan oleh Larry Holmes.

Ketika itu, pada tahun 1980, Tyson yang baru berusia 14 tahun harus menyaksikan Ali menelan kekalahan dari Holmes setelah bertarung 10 ronde. Tyson pun kemudian berjanji kepada Ali untuk membalaskan kekalahan tersebut.

Janji itu terpenuhi 8 tahun kemudian ketika Tyson akhirnya berduel dengan Holmes yang memutuskan kembali bertinju setelah sempat pensiun. Tyson, yang mengundang Ali menyaksikan duel itu, berhasil membalaskan dendam idolanya melalui kemengan KO di ronde keempat.

© Internet
Legenda tinju Mike Tyson dan Muhammad Ali tampak membaca Alquran bersama. Copyright: InternetLegenda tinju Mike Tyson dan Muhammad Ali tampak membaca Alquran bersama.

Di luar tinju, kedekatan juga terjalin antara Tyson dan Ali. Sebagai sesama Muslim, keduanya bahkan sempat diketahui membaca Alquran bersama. Sebuah foto yang beredar beberapa tahun lalu menunjukkan Tyson duduk berdampingan dengan Ali yang tengah membaca Alquran.

Ali memang diketahui memeluk Islam sejak tahun 1975 dengan meninggalkan nama lamanya, Cassius Clay, dan menggantinya dengan Muhammad Ali. Sementara itu, Tyson memeluk Islam pada periode 90-an saat ia dipenjara akibat kasus pemerkosaan terhadap mantan kekasihnya.

Namun, rupanya kedekatan kedua petinju tidak berhenti ketika Ali akhirnya meninggal dunia pada tahun 2016 lalu, setelah 32 tahun berjuang melawan penyakit Parkinson. Momen meninggalnya Ali dalam usia 74 tahun itu justru menjadi peristiwa yang menunjukkan kuatnya relasi antara mereka berdua.

Bersama sejumlah tokoh olahraga dan selebriti seperti petinju Lennox Lewis dan aktor Will Smith, Tyson ditunjuk menjadi salah satu pengusung peti jenazah Muhammad Ali.

Tyson diketahui rela membatalkan urusan penting di yang harus ia lakukan di Las Vegas dan memilih terbang ke Kentucky, demi memenuhi tugasnya mengusung peti jenazah sang idola.

IDS Emoticon Suka
Suka
17%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
17%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%