Berkat Liga Italia, Emir Eranoto Jatuh Cinta dengan Sastra dan Budaya

Rabu, 9 September 2020 10:58 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Dokumen pribadi Emir Eranoto
Setelah pulang dari Italia, pesepakbola muda Emir Eranoto langsung bersiap melanjutkan pendidikan di jurusan Sastra Inggris, Universitas Diponegoro. Copyright: © Dokumen pribadi Emir Eranoto
Setelah pulang dari Italia, pesepakbola muda Emir Eranoto langsung bersiap melanjutkan pendidikan di jurusan Sastra Inggris, Universitas Diponegoro.

INDOSPORT.COM - Setelah pulang dari Italia, pesepakbola muda Emir Eranoto langsung bersiap melanjutkan pendidikan di jurusan Sastra Inggris, Universitas Diponegoro.

Sejatinya, Emir Eranoto sudah diterima untuk kuliah di jurusan Modern Language & Culture di salah satu kampus Italia. Hal itu karena ia aktif bermain di tim San Marco Juventina.

Namun, pandemi Covid-19 yang sempat merebak, memaksa Emir untuk kembali ke Tanah Air. Ia pun tidak memperpanjang kontraknya dan meninggalkan Liga Italia.

Bak gayung bersambut, pesepakbola 19 tahun itu juga diterima di jurusan Sastra Inggris. Emir pun mantap untuk menetap di Indonesia, dan tetap bermain sepak bola.

Kepada INDOSPORT, Emir Eranoto mengaku jika pengalamannya bermain bola di Negeri Pizza, membuatnya kian jatuh cinta dengan sastra dan budaya di dunia yang beragam.

"Kenapa saya tertarik di jurusan sastra, awalnya karena sepak bola. Waktu saya bermain di Italia, saya seperti menemukan passion baru di diri saya dalam berbahasa."

"Menurut saya, bahasa sangat penting untuk bisa menyatukan berbagai macam orang yang mempunyai latar belakang berbeda."

Dengan menempuh pendidikan tinggi di jurusan Sastra Inggris, Emir berharap bisa mencapai karir tertinggi untuk bermain di luar negeri, dan juga menjadi jurnalis andal.

"Ada korelasinya juga sama future career saya setelah di bola, karena panjang karir seorang atlit paling hanya sampai 20 tahun, setelah itu kita harus punya back up plan."

"Kebetulan kalau saya rencananya setelah main bola, ingin jadi jurnalis olahraga untuk media internasional," tuntasnya.

Saat ini, Emir Eranoto menargetkan bermain di Liga 1 2020. Namun, ia juga tak menutup kemungkinan untuk kembali ke Eropa dan melanjutkan karirnya sebagai pemain asing.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%