Pola Hidup Vegan Bukan Penghalang Marc Klok Jadi Pesepak Bola Hebat

Sabtu, 21 November 2020 15:12 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© persija.id
Gelandang naturalisasi Persija Jakarta Marc Klok. Copyright: © persija.id
Gelandang naturalisasi Persija Jakarta Marc Klok.

INDOSPORT.COM – Pemain Persija Jakarta, Marc Klok, mengaku lebih sehat dan kuat setelah menjadi seorang vegan. Baginya, pola makan non hewani ini tidak menghalangi kehebatannya di sepak bola.

Membentuk tubuh dan mental sebagai seorang pemain sepak bola profesional tidak membutuhkan satu atau dua hari saja. Selain menempa diri dengan latihan keras, dedikasi agar terus meningkatkan keterampilan, menjaga kondisi tubuh juga penting untuk dilakukan.

Untuk itulah, Marc Klok selalu menjadwalkan latihan rutin agar dirinya bisa menjadi yang terbaik di lapangan. Dia juga pergi ke gym hampir setiap hari untuk menjaga kebugaran, terutama selama pandemi virus corona.

Diluar latihan, Marc Klok yang mengungkapkan lewat blog pribadinya, mengakui bahwa dia juga menerapkan gaya hidup yang seha, yakni menjadi seorang vegan, di mana ini rupanya menjadi salah satu kunci agar bisa menjadi konsisten.

“Istri saya dan saya telah menjalani gaya hidup vegan dan tidak lagi makan daging atau produk hewani. Ayam, daging sapi, dan teluar tidak lagi menjadi nutrisi saya. Sekarang saya makan buah dan sayur sehari-hari,” tulis Marc Klok.

Pilihan gaya hidup vegan yang dijalani Marc Klok ini rupanya mengundang tanya para penggemarnya. Pasalnya, gelandang 27 tahun itu tentunya butuh asuhan protein yang besar demi menjaga kekuatan otot mengingat profesinya sebagai pesepak bola.

“Saya mengkonsumsi gandum, kacang-kacangan dan susu kedelai untuk mendapatkan protein saya setiap hari. Saya harus membiasakan diri menyukai tumbuh-tumbuhan. Saya merasa lebih sejat dan lebih baik setiap hari. Tentunya ini mendukung aktivitas saya  sebagai seorang atlet,” jelas Klok.

Pria kelahiran Amsterdam, Belanda, ini juga merasa beruntung bahwa kini dia tinggal di Indonesia, di mana dia bisa mendapatkan segala kebutuhan makanan sebagai seorang vegan.

“Sejak saya memulai gaya hidup vegan, saya merasa lebih kuat dalam aktivitas saya. Kondisi tubuh saya bugar dan siap bertanding kapan saja dan yang terpenting, saya ingin mengurangi risiko cedera,” tandas Klok.

Marc Klok sendiri belum lama ini resmi menyandang sebagai warna negara Indonesia (WNI). Persija dalam pernyataan resminya menjelaskan bahwa Marc Klok sudah menjalani pengambilan sumpah pada Kamis (12/11/20).

Marc Klok sendiri sudah berada di Indonesia sejak 2017, sejak memperkuat PSM Makassar. Selain lama tinggal di Indonesia, ia juga punya garis keturunan Indonesia dari sang kakek buyut, Jan Ernst Karel, yang berdarah Makassar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%