Kini Berstatus Laki-laki, Mantan Pevoli Wanita Aprilia Manganang Resmi Ganti Nama

Jumat, 19 Maret 2021 15:56 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor:
© Instagram/@aprialia.manganang
Mantan pevoli wanita nasional sekaligus anggota TNI Sersan Dua (Serda), Aprilia Manganang resmi berganti nama usai kini berstatus berjenis kelamin laki-laki. Copyright: © Instagram/@aprialia.manganang
Mantan pevoli wanita nasional sekaligus anggota TNI Sersan Dua (Serda), Aprilia Manganang resmi berganti nama usai kini berstatus berjenis kelamin laki-laki.

INDOSPORT.COM – Mantan pevoli wanita nasional sekaligus anggota TNI Sersan Dua (Serda), Aprilia Manganang resmi berganti nama usai kini berstatus berjenis kelamin laki-laki.

Hal itu terjadi usai Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tondano Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, mengabulkan seluruh permohonan perubahan nama dan jenis kelamin Serda Aprilia Santini Manganang.

Putusan majelis hakim PN Tondano itu dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Nova Loura Sasube dalam persidangan di PN Tondano secara virtual, Jumat (19/03/21).

"Berdasarkan bukti-bukti dan fakta-fakta dalam persidangan maka mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Nova Loura, dilansir dari laman Antara.

Majelis hakim juga menetapkan mantan atlet bola voli putri itu berubah jenis kelamin dari semula berjenis kelamin perempuan menjadi jenis kelamin laki-laki.

Selain itu, majelis hakim menetapkan pergantian nama pemohon yang semula Aprilia Santini Manganang berubah menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Majelis hakim juga memerintahkan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sangihe untuk mencatat register yang bersangkutan terkait dengan perubahan jenis kelamin dan nama tersebut, baik dalam akta kelahiran, KTP,  maupun kartu keluarga (KK).

"Memerintahkan Kantor Dinas Catatan Sipil Kabupaten Sangihe untuk menjalankan penetapan ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Ketua PN Tondano ini

"Dengan demikian, saya ucapkan selamat kepada Aprilio. Sekarang Anda sudah resmi sebagai seorang laki-laki." tambahnya.

Majelis hakim juga membebankan kepada pemohon untuk membayar biaya perkara sebesar Rp260 ribu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%