Pebasket NBA asal Ukraina, Alex Len Kutuk Aksi Rusia yang Serang Negaranya Secara Brutal

Jumat, 25 Februari 2022 18:51 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© Reuters/Sergio Estrada
Pemain NBA asal Ukraina, Alex Len (25). Foto: Reuters/Sergio Estrada Copyright: © Reuters/Sergio Estrada
Pemain NBA asal Ukraina, Alex Len (25). Foto: Reuters/Sergio Estrada

INDOSPORT.COM - Pebasket NBA asal Ukraina yang memperkuat Sacramento Kings, Alex Len mengutuk keras aksi Rusia yang telah menyerang keluarganya secara brutal.

Alex Len merilis pernyataan menohok di media sosial pribadinya. Pebasket NBA asal Ukraina itu berharap perang segera berakhir dan menyampaikan pesan penguat pada kompatriot mereka di negaranya.

"Sebuah tragedi luar biasa menimpa tanah air kami Ukraina. Kami dengan tegas mengutuk perang. Ukraina adalah negara damai dan berdaulat berisikan orang-orang yang ingin menentukan nasib mereka sendiri," tulis Alex Len.

"Kami mendoakan yang terbaik untuk keluarga, teman, saudara dan semua orang yang berada di wilayah Ukraina. Kami berharap perang mengerikan ini segera berakhir," sambungnya lagi.

"Rekan-rekan Ukraina yang terhormat, bertahanlah! Dalam kebersamaan ada kekuatan. Kami bersama kalian!" pungkasnya.

Senada dengan Alex Len, forward Toronto Raptors Svi Mykhailiuk juga mengutuk invasi Rusia atas Ukraina. Pernyataan Alex Ren dan Svi Mykhailiuk menuai simpati dari asosiasi pebasket profesional NBA (NBPA) yang turut mengharapkan hal baik bagi keluarga keduanya maupun orang-orang di Ukraina.

"Pikiran dan doa kami bersama semua orang yang terdampak kejadian baru-baru ini Ukraina. Khususnya kawan-kawan Ukraina kami Alex Len dan Svi Mykhailiuk serta keluarga mereka di masa-masa sulit ini," demikian cuit NBPA dalam akun Twitter resmi mereka @theNBPA.

Alex Len lahir di Antratyst, Ukraina, bermain basket di sana untuk Dnitpropetrovsk Higher College serta membela negaranya di beberapa turnamen FIBA. Dia juga sempat mengenyam karier Liga Basket Super Ukraina bersama klub BC Dnipro.