Putus Puasa Gelar AS Roma, Jose Mourinho Mendadak ‘Jadi’ Julio Cesar

Jumat, 27 Mei 2022 00:45 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Alberto Lingria
Jose Mourinho menjadi idola baru publik ibu kota usai membawa AS Roma memutus puasa gelar, dan membuatnya disamakan dengan sosok Julio Cesar. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria) Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
Jose Mourinho menjadi idola baru publik ibu kota usai membawa AS Roma memutus puasa gelar, dan membuatnya disamakan dengan sosok Julio Cesar. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

INDOSPORT.COMJose Mourinho menjadi idola baru publik ibu kota usai membawa AS Roma memutus puasa gelar, dan membuatnya disamakan dengan sosok Julio Cesar.

Jose Mourinho berhasil menuntaskan puasa gelar AS Roma yang telah berlangsung selama 14 tahun dengan menjuarai UEFA Conference League 2021/22, Kamis (26/05/22).

Dalam laga final yang berlangsung di Albania itu, AS Roma berhasil menyabet gelar juara usai mengandaskan perlawan Feyenoord Rotterdam.

AS Roma berhasil mengalahkan Feyenoord dengan skor tipis 1-0 berkat gol Nicolo Zaniolo di menit ke-31 memanfaatkan assist Gianluca Mancini.

Satu gol itu mampu dipertahankan AS Roma hingga pertandingan usai, sehingga Giallorossi berhak menjadi juara edisi perdana UEFA Conference League 2021/22.

Keberhasilan AS Roma menjuarai ajang ini pun membawa sederet rekor dan catatan mentereng, terutama bagi sang pelatih, Jose Mourinho.

Dikutip dari Opta Paolo, Mourinho mencatatkan beberapa rekor mentereng, salah satunya adalah dirinya menjadi pelatih pertama yang meraih tiga gelar UEFA.

Tercatat, Mourinho menjadi pelatih pertama yang pernah memenangkan Liga Champions, Liga Europa, dan UEFA Conference League.

Selain itu, keberhasilan AS Roma menjuarai UEFA Conference League juga membawa Mourinho menyamai Giovanni Trapattoni sebagai pelatih yang memenangkan lima gelar bergengsi Eropa.

Berkat kiprahnya dan keberhasilannya membawa AS Roma menjadi juara UEFA Conference League, penghargaan pun diberikan oleh publik ibu kota yang membuat mural Jose Mourinho menjadi Julio Cesar.