2 Hari Puyol di Surabaya, Ini Pelajaran Yang Diambil Firman Utina

Kamis, 14 Maret 2019 19:47 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Yohanes Ishak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Firman Utina berfoto dengan Carles Puyol sebelum bermain futsal, Kamis (14/3/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Firman Utina berfoto dengan Carles Puyol sebelum bermain futsal, Kamis (14/3/19).

INDOSPORT.COM - Usai sudah kunjungan eks kapten Barcelona, Carles Puyol di Surabaya. Kunjungan Puyol itu dalam rangka tur Trofi Liga Champions 2019, selama kunjungannya ke Indonesia ternyata banyak hal baik yang dapat dipetik.

Seperti yang diceritakan oleh salah satu mantan pemain Timnas Indonesia, Firman Utina.

Menurutnya, meskipun Puyol sudah menjadi pemain besar dan juga pernah menjadi juara Piala Dunia bersama dengan Spanyol, sifat dan karakter yang dimiliki pemain berambut gondrong itu tidak berubah apalagi saat di lapangan.

"Spirit yang dimiliki Puyol itu yang menurut saya tidak dimiliki pemain lain," katanya pada Kamis (14/03/19).

"Dia adalah salah satu kapten yang selalu memberikan semangat kepada pemain terutama pemain muda," sambung Firman Utina.

© Shintya Maharani/INDOSPORT
Legenda Barcelona, Carles Puyol, memamerkan trofi Liga Champions di Beer Hall, Jakarta, Senin (11/3/19). Copyright: Shintya Maharani/INDOSPORTLegenda Barcelona, Carles Puyol, memamerkan trofi Liga Champions di Beer Hall, Jakarta, Senin (11/3/19).

Ya, suntikan semangat yang tak kenal lelah inilah yang perlu dijadikan pelajaran oleh pemain-pemain sepak bola Indonesia.

Meskipun sudah berpengalaman, Puyol tak lelah untuk mendorong pemain-pemain muda lebih baik lagi. Selain itu satu hal lagi yang bisa menjadi pelajaran dari Charles Puyol menurut Firman Utina. Dia mengatakan, Charles Puyol merupakan pemain sepak bola yang memiliki sifat low profile.

"Dia kalau diajak bicara enak sekali, karakternya enjoy gampang akrab meskipun sedikit mengeluh soal udara di Surabaya yang panas," celotehnya.

Sekedar mengingatkan, saat masih aktif bermain, Puyol telah menyumbangkan sejumlah gelar bergengsi untuk Barcelona dan Timnas Spanyol, seperti 6 gelar LaLiga Spanyol, 5 gelar Piala Super Spanyol, 2 gelar Copa del Rey, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub, serta 3 gelar Liga Champions.

Di Timnas Spanyol pun Puyol juga memberikan 2 gelar bergengsi, yakni Euro 2008 dan Piala Dunia 2010.

Ikuti Terus Berita Sportainment dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%