Jadi Bahan Debat Pilpres Jokowi vs Prabowo, Apa Sebenarnya e-Sports?

Minggu, 14 April 2019 17:56 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Red Bull
Ajang kompetisi Formula 1 Esports Copyright: © Red Bull
Ajang kompetisi Formula 1 Esports

INDOSPORT.COM - Perkembangan dunia e-Sports semakin mengalami peningkatan di Indonesia, bahkan menjadi salah satu topik yang diperbincangkan di debat kelima Pilpres 2019 antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto, Sabtu (13/04/19) malam. Namun bagi yang masih awam, mari kita kulik

Pembahasan ini berawal ketika Jokowi berkesempatan untuk bertanya kepada Prabowo perihal perkembangan ekonomi digital yang menjadi topik debat malam itu.

“Ini adalah sebuah profesi yang anak-anak muda senangi, menjadi gamers. Oleh sebab itu, pemerintah membangun infrastruktur digital, baik itu broadband dengan kecepatan tinggi, palapa ring, 4G, sehingga anak-anak muda kita memiliki infrastruktur dalam mengembangkan profesinya sebagai gamers,” ucap Jokowi.

Pembahasan ini tentu menarik minat kaum muda yang memang menunjukkan kegemarannya pada dunia digital, khususnya di bidang e-Sports. Namun bagi masyarakat umum yang tidak mengikuti perkembangan teknologi terkini, tentu masih asing dengan istilah tersebut.

E-Sports sendiri merupakan istilah untuk menyebutkan olahraga elektronik, yakni permainan kompetitif dengan serangkaian strategi dan terorganisasi, yang dimainkan melalui perangkat elektronik sebagai pendukung.

Dilansir dari laman esportnesia, meski komputer dan internet masih jarang ditemui pada tahun 1972, namun Universitas Stanford sudah mengadakan kompetisi game bertajuk Spacewar saat itu. Setelahnya, satu per satu kompetisi game sejenis bermunculan.

Singkat cerita, di era 90-an, saat teknologi internet mulai merebak, kompetisi game juga ikut berkembang menjadi online game. Era ini melahirkan sebuah industri baru, yakni industri eSports. Sejak saat itu juga game yang dipertandingkan mulai beragam, seperti Quake, Counter Strike, dan Warcraft.

Memasuki tahun 2000-an, perkembangan eSports semakin pesat. Beberapa kompetisi dihelat secara profesional, bahkan menghadirkan hadiah dengan nominal yang sangat tinggi, sehingga profesi sebagai gamer menjadi sangat menjanjikan.

Indonesia sendiri sempat memasukkan eSports sebagai salah satu cabang olahraga eksibisi yang dipertandingkan di Asian Games 2018 lalu. Adapun game yang dipertandingkan adalah AOV, PES, League of Legends, Clash Royale, Hearthstone, dan Starcraft 2.

Ikuti Terus Update Berita Olahrata Seputar e-Sports Hanya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%